Samsung S23 FE, Seri S23 Termurah, Ada Fitur Yang Dipotong?

Samsung seri S23 termurah ya Samsung S23 FE. Samsung S23 FE merupakan seri favorit dari Samsung Galaxy S versi FE. Seri FE sendiri adalah HP Flagship Samsung yang harganya paling murah. Kenapa bisa di bilang yang paling murah? Karena Samsung seri S23 FE ini bisa lebih murah 2 hingga 3 jutaan atau bisa lebih murah 5 jutaan jika kita membandingkan dengan Samsung S23 Plus. Lalu apakah ada fitur dan spesifikasi yang di potong dari seri FE ini? Tentu saja, dengan harga yang lebih murah pasti ada saja fitur fitur yang di potong.

Sebenarnya seberapa murah sih harga dari Samsung S23 FE ini? Untuk harganya, Samsung S23 FE dengan RAM 8 GB dan Internal 128 GB di banderol 9 juta atau Rp 8.999.000. Sedangkan S23 FE RAM 8 dan Internal 256 GB di banderol 10 juta atau Rp 9.999.000. Jika kita pre-order hingga 16 Oktober akan mendapat keuntungan free upgrade, jadi jika kita beli yang internal 128 GB maka kita akan mendapat upgrade yang internal 256 GB. Ada penawaran menarik yang di sediakan Samsung, dengan menambah satu juta bisa mendapat paket gaming atau paket health and wellness.

Di dalam paket gaming terdapat gaming finger sleeve atau sarung tangan jari yang membuat jari menjadi lebih licin ketika digunakan bermain game. Tak hanya itu, dalam paket gaming terdapat juga Playstation Backbone. Jika tak suka main game, kamu bisa memilih paket health and wellness. Dalam paket health and wellness terdapat satu buah Samsung Galaxy Buds FE dan sebuah tas untuk running dari brand New Balance.

Dilihat dari desainnya, Samsung S23 FE ini mungkin akan banyak yang bilang jika desainnya mirip dengan Samsung Galaxy A54. Ya memang desain yang di keluarkan Samsung memang mirip semua. Mau dari yang S23 reguler, seri A34, A54 sampai Samsung S23 FE desainnya sama semua. Samsung S23 FE hadir dengan banyak varian warna, mulai dari warna Mint, Purple, Cream, dan ada warna Graphite. Sebenarnya ada satu lagi warna Indigo yang hanya tersedia di penjualan online saja.

Samsung S23 FE Theotekno.com

Bahan framenya terbuat dari bahan metal aluminium yang tidak ada kesan murah dan bagian belakangnya terbuat dari kaca Gorilla Glass 5. Bahannya memang sudah premium dan ketika dipegang terasa sekali HP flagshipnya. Di sebelah kanan ada tombol power dan volume, di atas ada mikrofon dan sim tray dual sim yang bisa support e-sim, di sisi kiri polosan, dan di bawah ada mikrofon, usb type C, dan speaker.

Beralih ke kamera, setup kamera Samsung S23 FE tentu saja sudah level flagship. Terdiri dari kamera ultrawide 12 MP, kamera utama 50 MP, dan kamera telephoto 3x optical zoom 8 MP. Dari spefisikasi kameranya kelihatan pantas banget untuk Samsung S23 FE. Untuk sekelas HP flagship MURAH, S23 FE ini memiliki bezel yang tidak seimbang. Jika di lihat dengan seksama, bezel bagian bawah sedikit lebih tebal di banding sisi kanan, kiri dan atas. Bezel seperti ini mengingatkan kita ke Samsung A54. Walaupun demikian, layarnya sudah berpanel AMOLED 2X Dynamic. Untuk user interface S23 FE sudah menggunakan One UI 5.1 Android 13. Samsung menjanjikan kalau softwarenya akan mendapat update hingga 4 tahun dan security patch hingga 5 tahun. Layanan tersebut sudah standar dari Samsung tetapi masih tidak menjadi standar oleh brand brand lain.

Dari chipsetnya memakai Exynos 2200 yang merupakan chipset yang di pakai di Samsung S22 untuk bersi Eropa. Jika di tes menggunakan Antutu, S23 FE mendapat skor satu juta seratus dua yang mirip dengan Snapdragon 8 gen 1. Tak khawatir jika digunakan untuk bermain game game berat seperti Genshin Impact, di mana frame ratenya mendapat 60 fps. Secara keseluruhan chipset Exynos 2200 ini sanagt mirip dengan Snapdragon 8 gen 1 baik dari performa hingga perolehan suhunya.

Sekarang kita bahas kameranya, untuk hasil foto kamera Samsung S23 FE sudah tak perlu di ragukan lagi, karena prosesor Exynos sudah terkenal dalam processing fotonya yang bagus. Baik memotret di siang maupun malam hari sama sama konsisten baik dari tone warna, dynamic range hingga detialnya bagus banget. Hasil fotonya terlihat berkelas bukan seperti kebanyakan processing yang aneh-aneh malah menjadikan tone warna, dynamic range hingga detailnya kurang menarik.

Kesimpulan dari Samsung S23 FE, untuk di kelas 9 juta internal 128 GB atau 10 juta untuk internal 256 GB ini sangat pas. Tetapi kalau Anda bisa nambah 2 hingga 4 juta saya sarankan untuk ambil Samsung S23 reguler karena layarnya bagus, mesinnya juga lebih bagus dan desinnya lebih tipis.

Tinggalkan komentar