Galaxy Tab S9 Ultra Review Tablet Termahal Samsung

Samsung secara resmi merilis tablet tercanggihnya, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra pada 15 Agustus lalu. Yap! Ini tablet paling ‘WAH’ dari spesifikasi, fitur hingga ke harganya. Semuanya bikin geleng-geleng kepala. Di pasaran tidak ada tablet Android lain yang bisa menyaingi di Galaxy Tab S9 Ultra ini. Dari harganya pun sudah berasa ‘WAH’ nya. Tablet mana lagi yang berani mematok harga di 20 juta? Dan itu pun untuk varian termurahnya. Untuk varian menengah dan yang versi maksimal perlu nambah 2 juta lagi agar memorinya bisa jadi 512 GB.

Sekarang kita lihat spesifikasinya agar lebih nyambung kenapa bisa dihargai 20 juta. Dari segi chipsetnya, Galaxy Tab S9 Ultra ini dibekali dengan chipset terbaik Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Mempunyai RAM 12 GB, sebenarnya untuk Tab S9 Ultra ada yang varian RAM 16 GB dengan penyimpanan internal 1 TB, cuma sayang tidak masuk ke Indonesia.

Buat kamu yang merasa penyimpanan 256 GB atau 512 GB masih kurang, di tablet ini tersedia slot MicroSD hingga 1 TB. Ada juga slot untuk SimCard agar nasib kita tidak ditentukan oleh keberadaan WiFi. Tablet ini mendukung koneksi kartu dari 3G, 4G, hingga 5G.

Beralih ke baterainya, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra di sokong baterai jumbo, 11.200 mAh dan sudah mendukung pengisian daya cepat 45 Watt. Kamu bisa ngecas dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 1,5 jam saja. Tapi patut di sayangkan, untuk chargernya tidak termasuk dalam paket penjualan tablet Galaxy Tab S9 Ultra ini, jadi kita harus membeli charger sendiri.

galaxy tab s9 ultra theotekno.com

Dimensi dari tablet ini juga terbilang sangat tipis, tebalnya saja hanya 5,5mm, yap, cuma setengah sentimeter. Ini lebih tipis dari HP pada umumnya yang memiliki ketebalan 7-8mm. Bahan bodi tablet ini pakai material paling keras dari Samsung yakni Armor Aluminium. Samsung Galaxy Tab S9 Ultra ini sudah memiliki rating IP68, yang sangat aman dari resiko kemasukan debu dan air. Tablet ini juga bisa dicemplungkan ke dalam air dengan batas maksimal 1,5 meter. Tak hanya tabletnya, Stylus Pennya juga sudah anti air, jadi kamu bisa gambar gambar di bawah air.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra sudah memakai sistem Quad Speaker, jadi ada 4 buah speaker, 2 di sisi kanan dan 2 di sisi kiri. Di bagian kiri tak hanya ada 2 speaker tetapi di temani lubang mikrofon, di sisi kanan ada port USB C. Di bagian atas ada tombol power, tombol volume, mikrofon, sama slot SimCard dan MicroSD. Dengan adanya Quad Speaker, untuk audionya sudah tidak di ragukan lagi. Suaranya seperti tongkrongan, rame dan kenceng, detail dan bassnya juga enak walaupun tidak terlalu boomy.

Beralih ke bagian layarnya, tablet ini memiliki layar 14,6 inci dengan bezel super tipis yang berasa seperti layar laptop. Touchscreen sudah pasti, dan panelnya sudah Dynamic AMOLED 2X dengan warna gamut yang colorfull dan tajam, refresh ratenya 120 Hz. Layar dari Galaxy Tab S9 Ultra beresolusi 1848×2960 piksel atau 3K yang sudah mendukung HDR10+ dan kecerahannya di 930nits. Sangat cocok buat kamu yang doyan nonton film, buat main game di jamin sangat puas.

Dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, mampu melibas game-game berat seperti contohnya Genshin Impact yang aman di frame rate 60 fps. Jika untuk bermain game hanya perlu menyesuaikan kenyamanan tangan saja. Perpaduan chipset tersebut dengan RAM 12 GB sudah paling oke untuk digeber multitasking.

Tablet Tab S9 Ultra ini menjalankan Android 13 dengan User Interface One UI 5.1, jadi kita bisa install semua aplikasi yang ada di HP Android. Dengan layar selebar itu, tablet ini bisa kita gunakan untuk membuka aplikasi berbarengan seperti nonton youtube sambil bermain media sosial. Ada pembatasan untuk membuka aplikasi berbarengan yang di batasi hanya 5 aplikasi.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra di bekali dengan 2 buah kamera utama di bagian belakang dan di bagian depan. Jadi ada 4 buah kamera yang ada di tablet ini, 2 kamera di bagian belakang terdiri dari kamera utama 13 MP wide dan 8 MP kamera ultrawide. Sedangkan dua kamera di bagian depan terdiri dari 12 MP kamera wide dan 12 MP kamera ultrawide.

Kesimpulannya, kalau kamu cari tablet pengganti laptop yang tidak bergantung dengan aplikasi/software khusus PC, tablet ini adalah pilihan nomor satu. Cuma harganya yang bikin mikir berkali-kali.

Tinggalkan komentar